Monday, September 7, 2009

MENJALIN RELASI DENGAN ANAK REMAJA ~

Seringkali menjadi keluhan banyak orang tua yaitu sulit menjalin relasi dengan anak khususnya anak remaja yang sudah mulai akil balig karena mereka bermasalah..

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hubungan dengan anak remaja:

* Seburuk-buruknya relasi dengan anak pada dasarnya ia tetap INGIN menjalin relasi yang baik dengan kita (orang tua)!

* Sikap menolaknya lebih dikarenakan oleh KETAKUTANNYA pada penolakan kita (orang tua) kepadanya atau oleh KEMARAHANNYA pada ketidakbenaran yang dilihatnya pada diri kita (orang tua)!

* Ketakutan utama remaja adalah bahwa di mata kita, orangtuanya, TIDAK ada yang BAIK pada dirinya!

* Terimalah fakta bahwa sebaik-baiknya relasi kita dengannya, pada masa remaja TEMAN menjadi orang yang penting dalam hidupnya, namun itu tidak berarti bahwa KITA (ORANG TUA) TIDAK LAGI BERARTI BAGINYA! Itu sebabnya sikap kita (orang tua) yang menolaknya sangat MELUKAI hatinya!

* Berhati-hatilah dengan ucapan atau perlakuan kita (orang tua) kepadanya! Jangan sampai kita (orang tua) mengatakan atau melakukan hal-hal yang nanti kita (orang tua) akan SESALI! Ia mungkin sudah melupakan apa yang terjadi di masa kecil, namun ia sukar melupakan apa yang dialaminya pada MASA REMAJA!

* Ambillah langkah pertama dengan mengatakan bahwa kita (orang tua) MERINDUKAN sebuah relasi yang akrab dengannya.

* Apabila kita (orang tua) menyadari bahwa ada kesalahan yang telah kita (orang tua) lakukan, akuilah dan mintalah MAAF kepadanya. Jangan tunggu dia untuk meminta maaf terlebih dahulu!

* Ungkapkanlah alasan di belakang tindakan kita (orang tua) kepadanya. Pada umumnya KETAKUTAN melatarbelakangi perbuatan kita (orang tua) kepadanya. Dan, di balik ketakutan, biasanya ada KASIH.

* Ungkapkanlah pengharapan kita (orang tua) kepadanya dan COCOKKANLAH dengan pengharapannya terhadap kita (orang tua). Sering kali kita (orang tua) harus bertemu di TENGAH!

* Bangunlah sebuah SISTEM sehingga masalah yang kemudian timbul dapat diselesaikan dengan cara yang lebih sehat!

* Katakanlah bahwa kita (orang tua) baru mengerti apa itu KASIH pada waktu pertama kali kita (orang tua) menggendongnya di tangan kita (orang tua)! Katakanlah, bahwa sampai kapan pun dan dalam kondisi apa pun, kita (orang tua) akan TERUS mengasihinya! Inilah JANJI yang kita (orang tua) buat di hadapan TUHAN!



Firman Tuhan:

"Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu." (Amsal 29:17)

No comments:

Post a Comment